Pulau Raja dan Popaya

Blog And Info Family Diver Jakarta

Family Diver Jakarta Diving Course, Diving Trips

Gorontalo adalah sebuah provinsi di Indonesia. Sebelumnya, semenanjung Gorontalo (Hulontalo) merupakan wilayah Kabupaten Gorontalo dan
Kota Madya Gorontalo di Sulawesi Utara. Seiring dengan munculnya pemekaran wilayah berkenaan dengan otonomi daerah di Era Reformasi,
provinsi ini kemudian dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2000, tertanggal 22 Desember 2000 dan menjadi Provinsi ke-32 di
Indonesia. Ibukota Provinsi Gorontalo adalah Kota Gorontalo (sering disebut juga Kota Hulontalo) yang terkenal dengan julukan "Kota Serambi Madinah".

Gorontalo juga menawarkan begitu banyak keindahan taman bawah laut. Beberapa di antaranya adalah Taman Pulau Raja dan Pulau Popaya. Kali familydiver Jakarta akan membahas kedua wisata bawah laut yang menjadi salah satu primadona gorontalo.

Pulau Raja dan Pulau Popaya merupakan tempat konservasi penyu dan burung maleo. Kedua pulau yang saling berdekatan ini letaknya cukup jauh di Utara Kabupaten Gorontalo. Waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam dari Gorontalo. Untuk menuju Pulau Raja, kita harus menggunakan perahu nelayan setempat dari Desa Dunu. Lama penyebarangan dari desa ini sekitar setengah jam. Namun sayang, walau telah menjadi tempat wisata, warga desa ini masih belum terlalu tanggap wisata. Fasilitas yang memadai belum banyak terlihat. Untuk menginap, wisatawan dapat memanfaatkan rumah-rumah penduduk yang masih sederhana. Sedangkan untuk akomodasi lain seperti makanan, kita bisa menikmati warung makan milik penduduk.

Dulu jika ingin menikmati alam bawah lautnya, wisatawan harus membawa peralatan sendiri. Namun kini anda tidak perlu khawatir, familydiver memiliki peralatan selam yang dapat anda sewa di sana, karena sejak tahun 2017 familydiver telah resmi memiliki rekanan di gorontalo.

Pantai berpasir putih serta birunya laut dengan gradasi warna yang cantik akan menyambut Anda sejak Anda merapat di pulau Raja. Hamparan pasir putih yang luas tampat kontras dengan hutan lebat yang mendominasi pulau yang tidak berpenghuni ini. Ragam terumbu karang di sekitar pulau Raja masih terjaga dengan baik dan memiliki keragaman biota laut.

Lain Pulau Raja, lain pula dengan Pulau Popaya. Meski memiliki ukuran yang lebih kecil dari Pulau Raja, pulau ini memiliki pasir putih kontras dengan air laut biru muda yang mengelilinginya. Dari atas perahu, Anda bisa menyaksikan terumbu karang di sekitar pulau dengan jelas. Meski terumbu karang disekitar Pulau Popaya cenderung terpisah-pisah (tidak dalam suatu gugusan), namun Anda cukup mudah menyentuh karang-karang catik itu saat snorkeling karena letaknya yang dangkal.

Laut yang tenang dan jernih membuat terumbu karang di sini dapat di amati dengan jelas. Beberapa jenis karang yang terdapat disini diantaranya karang meja, karang bulat, hingga anemone lengkap dengan ikan badut yang bermain-main diantaranya. Namun saat melakukan snorkeling, Anda harus berhati-hati karena sering ditemui ubur-ubur kotak kecil yang berkeliaran di dekat permukaan air.

 

Share this page
  • Rate Of This Item :
  • (35206 Reader)
"