Sertifikasi Selam

Blog And Info Family Diver Jakarta

Family Diver Jakarta Diving Course, Diving Trips

Sertifikasi Diving merupakan pelatihan buat siapa saja yang ingin mempunyai sertifikat diving dan nantinya bakal resmi terdaftar di salah satu organisasi Diving International. Fungsi dari sertifikasi diving ini adalah teman-teman nantinya bakal bisa diving dimana aja, namun sesuai dengan kriteria dan karakter tempat penyelaman itu sendiri. untuk kegitan fundiving sertifikasi ini sangat berguna, untuk temen-temen yang pengen bekerja berhubungan dengan bidang kelautan, biologi, atau lingkungan nantinya sertifikat selam ini pun sangat berguna ketika temen-temen di dunia kerja.  Adapun program dan sertifikasi selam yang bisa kita ketahui adalah sebagai berikut :

ADS (Association Of Diving School)

Organisasi selam ADS (Association of Diving School ) didirikan di Jepang pada tahun 1980 oleh Noboru Mochizuki dengan nama ADS Japan yang anggotanya kala itu berasal dari kumpulan para Instruktur selam dan para penyelam Jepang. Di ulang tahun AQUALUNG ke 50 di Jepang tahun 1993 yang prakarsai oleh Questeau dan Gagnan, yang kemudian digagas merubah nama dari ADS Japan menjadi ADS International. Pada ADSI Annual Meeting tahun 1995 di Yokohama Jepang, Indonesia secara resmi terpilih dan ditunjukmenjadi salah satu representatifnya di kawasan Asia, khususnya Indonesia di dalam upaya pengembangan kegiatan penyelaman rekreasi serta pengembangan ilmu selam lainnya.


Lebih dari 1000 orang instruktur diseantero Asia Pacific yang tergabung ADS International seperti : Japan, Thailand, Malaysia, China, Taiwan, Philippines, Micronesia, Indonesia, Vietnam, dan beberapa negara lain seperti Brazil, German, Ukraina, Holland sedang aktif melakukan "Progressive New Diving Activity " sebagai motto nya. Symbol ADS diambil dari relief dinding batu yang menceritakan expedisi Assyria pada abad ke 9 di Mesir barat. Relief tersebut hingga sekarang dapat dilihat di Great Britain Museum,United Kingdom. Dalam Relief tersebut digambarkan seorang serdadu sedang bernafas dengan sebuah kantung udara saat menyelam.


CMAS( Confederation Modiale des Activities Subaquatiques)
CMAS bersifat non profit (non komersial), berdiri pada tanggal 28 september 1958 . Paris menjadi pusat federasi dipilih dari 3 kandidat: monaco, roma, prancis. Tujuan didirikannya CMAS adalah untuk mengembangkan dan mendorong pemahaman dan konservasi dunia bawah laut serta praktek olahraga kegiatan air dan bawah air. Dari 14 anggota pada januari 1959 keanggotaan berkembang menjadi 38 anggota sampai 1965.


Pelatihan CMAS terdiri atas 2 sumber:
1. Federasi menyelam nasional yang beratiliasi dengan komite teknik CMAS (dikenal sebagai CMAS federasi)
2. Dari khusus terakredetasi pusat menyelam dikenal sebagai CMAS DIVE CENTER(CDC) menggunakan bahan pelatihan khusus CMAS dan langsung mengeluarkan sertifikat diving CMAS.

Untuk mendapatkan sertifikat menyelam dari CMAS anda juga dapat mengikuti kursus diving di Familydiver jakarta karna CMAS merupkan rekanan dan afiliasi familydiver jakarta.

 

PADI (PROFESIONAL ASSOCIATION OF DIVING INSTRUCTUR)
PADI Merupkan Institusi penerbit sertifikasi rekreasi. Di kebanyakan Negara termasuk indonesia, Seluruh instruktur diving berafiliasi dan menggunakan standar  padi. Padi berdiri pada tahun 1966 oleh  John Cronin dan Raph Erickson. Tujuan di dirikannya PADI adalah untuk mengembangkan program – program yang mendorong dan memenuhi kepentingan publik dalam rekreasi scuba diving atau snorkling di seluruh dunia. PADI tidak hanya menerbitkan sertifikasi selam tapi juga memiliki beberapa kegiatan seperti berikut:  
1. Pendidikan selam
2. Konservasi lingkungan
3. Padi women diving ( Hari Menyelam Wanita)


Pada tahun 2015 Padi memiliki 136.000 anggota dan 6.300 cabang diving tersebar di dunia dan menerbitkan 24 juta sertifikasi diving internasional.
Standar keamanan dan pelatihan diatur oleh Dewan Pelatihan Scuba Rekreasi Dunia (WRSTC). Pusat – pusat distribusi terletak di Australia, Brazil, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Rusia. Kantor utama PADI  distribusi terletak di california Amerika serikat. Langkah – langkah untuk mendapatkan sertifikasi ada  beberapa cara:
1. Mendaftar open water dive wather dive online.
2. Mengikuti kursus padi open water dive di lokal anda.
3. Mencoba scuba diving dengan pilihan scuba diving program.
4. Download pernyataan medis dan quesional dari padi.
5. Menelusuri FAQ sertifikasi scuba

NAUI (NATIONAL ASSOCIATION OF UNDERWATER INSTRUCTURS )


NAUI adalah singkatan dari National Association of Underwater Instructurs . NAUI ini didirikan pada tahun 1960 oleh Al Tillman, John C. Jones, Jr dan Neal Hess di Amerika Serikat . berbeda dengan PADI dan SSI yang standart latihan dan keselamatan diregulasi oleh WRSTC ( World Recreational Scuba Training Council ). NAUI memegang kuat filosofi “ dive safely through education” NAUI juga menjadi pilihan utama bagi organisasi seperti US NAVY, SEAL, NASA, WALT, DISNEY RESORT. NAUI juga  menawarkan program tetap dari skin diver hingga instructor course dirrektor dan program khusus seperti netrox dan tehnical diving.

SSI ( SCUBA SCHOOL INTERNATIONAL )
Apa bila anda memiliki sertifikat SSI, maka jangan khawatir kualifikasi SSI yang anda miliki bisa digunakan untuk tahap selanjutnya di sistem PADI dan begitu juga sebaliknya. Artinya tidak ada perbedaan dasar di dalam ketrampilan yang akan kalian pelajari dari PADI maupun SSI ataupun standard keamanan yang ada dari masing-masing organisasi ini. Sistem dari keduanya – yang ada dalam system pengajaran – Karakter dan pengalaman dari Instruktur anda yang akan menjadi factor yg terpenting dalam pelatihan. Pada pelatihan SSI Advanced Adventurer adalah sama dengan pelatihan penuh PADI Advanced – SSI tidak mengenal system dari PADI Advanced Adventurer.

POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia)
Olahraga selam telah ada di Indonesia sebelum tahun 1962 tetapi kebanyakan dilakukan oleh orang asing yang bekerja di Indonesia, pada tahun 1962 TNI-AL mendirikan Instalasi Pusat Penyelaman dan Sekolah Penyelaman. Dengan berdirinya kedua lembaga tersebut maka makin bertambah banyak orang Indonesia yang berlatih dan belajar selam, terutama di lingkungan TNI-AL.

Pada tahun 1970-an tepatnya tahun 1973 olahraga selam dikembangkan oleh beberapa tokoh masyarakat seperti Adam Malik, Sudomo, Saleh Basarah dan Urip Santoso serta beberapa orang lainnya. Bersama-sama dengan tokoh tersebut mereka membentuk club selam pertama di Indonesia yaitu : Nusantara Diving Club ( NDC ) dan kemudian juga terbentuk Surabaya Diving Club ( SDC ), kedua club selam ini masuk ke dalam wadah Organisasi Persatuan Olahraga Perairan Indonesia ( PEROPI ) sebagai cabang selam. Pada tanggal 4 Agustus 1977 POSSI resmi menjadi Induk Organisasi Selam di Indonesia.

 

 

Share this page
  • Rate Of This Item :
  • (44571 Reader)
"